-->

APLIKASI PANDUAN LENGKAP APLIKASI BPJS KESEHATAN [MOBILE JKN-KIS]

BPJS Kesehatan kini semakin dekat dengan masyarakat, sejak awal dirilisnya Aplikasi MOBILE JKN-KIS hingga sekarang telah banyak melakukan perubahan yang cukup signifikan dan membawa dampak positif kepada pelayanan publik. Dengan aplikasi MOBILE JKN-KIS masyarakat yang sudah menjadi peserta JKN-KIS bisa menikmati berbagai fitur penting terutama yang berkaitan dengan administrasi BPJS Kesehatan sehingga prosesnya menjadi lebih mudah dan praktis.

Pada tahun 2017 ini kembali BPJS Kesehatan meng-update aplikasi MOBILE JKN-KIS dengan menambahkan fitur Care Center dan Mobile Screening. Dengan fitur ini peserta bisa konsultasi dengan dokter dan pengecekan riwayat kesehatan sehingga tidak perlu ke klinik atau rumah sakit untuk meminta data riwayat kesehatannya. Jadi jangan sampai ketinggalan, kalau sudah memiliki android maka segera installaplikasi MOBILE JKN-KIS tersebut.

Dengan teknologi aplikasi MOBILE JKN-KIS, sobat juga bisa mengecek validasi kartu, pencetakan kartu, pengecekan tagihan iuran, perubahan alamat domisili dan Fasilitas kesehatan tingkat pertama. Saat ini aplikasi mobile JKN-KIS sudah tersedia untuk Android dan IOS. Khusus bagi PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah)/Peserta mandiri bisa melakukan perubahan kelas iuran.
APA MANFAAT APLIKASI MOBILE JKN-KIS ?

Aplikasi MOBILE JKN-KIS memiliki banyak fitur yang dapat diakses oleh peserta sehingga manfaatnya sangat luar biasa. Supaya lebih memahami kegunaan dari aplikasi tersebut, berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing fitur terbaru yang ada dalam aplikasi MOBILE JKN-KIS :

Info JKN

Merupakan petunjuk teknis menjadi peserta JKN-KIS yang mencakup informasi pendaftaran, hak dan kewajiban, sanksi, fasilitas dan manfaat.
Close Ad

Lokasi

Untuk mencari lokasi faskes terdekat saat peserta berada diluar kota. Peserta bisa datang ke FKTP (Faskes Tingkat Pertama) yang bukan haknya maksimal 3 kali selama perjalanannya, namun jika peserta berpindah daerah disarankan pindah faskes saja.

Peserta

Pada fitur ini terdapat informasi peserta JKN-KIS diantarannya : Nama Peserta, Kelas, Status kepegawaian, tanggal lahir dan nama faskes yang ditunjuk.

Iuran

Fitur ini fungsinya khusus untuk PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah)/peserta mandiri yaitu berisi informasi tagihan iuran kepesertaannya.

Catatan Pembayaran dan Denda

Fitur ini berisi informasi pembayaran peserta mandiri dan informasi denda yang diberikan jika ada keterlambatan pembayaran tagihan peserta.

Cek VA

Fitur ini berfungsi untuk mengetahui rekening pembayaran yang digunakan oleh PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah/peserta mandiri.

Pelayanan

Merupakan informasi track record pelayanan faskes seperti data riwayat jenis penyakit yang diderita oleh peserta.

Skrining Riwayat Kesehatan

Fitur ini berfungsi untuk bisa melihat potensi risiko kesehatan peserta. Disini terdapat 47 pertanyaan yang terdiri atas kebiasaan dan aktivitas sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit dalam keluarga peserta dan pola makan peserta. Apabila pertanyaan tersebut telah dijawab, maka peserta akan memperoleh hasil skrining riwayat kesehatan pada saat itu juga.

Jika hasil skriningnya memiliki resiko rendah, maka akan diberi saran untuk menjaga pola hidup sehat, tetapi apabila resikonya sedang atau tinggi diabetes melitus, maka akan diberi nomor legalisasi atau nomor skrining sekunder dan akan diarahkan ke FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) terdaftar untuk memperoleh tindak lanjut dari tim medis.

Ubah Data Peserta

Disini peserta bisa melakukan perubahan data apabila ada ketidak sesuaian termasuk perubahan faskes sesuai dengan keinginan, untuk perubahan data diri harus beradasarkan data KTP yang berlaku.

Kartu Peserta

Apabila ingin mencetak kartu peserta baru, bisa dilakukan disini dengan cara menekan tombol email di pojok kiri layar, kemudian system akan mengirimkan softcopy E-ID ke email yang dipilih peserta untuk diunduh dan dicetak.

Pendaftaran Peserta

Khusus untuk calon PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah)/peserta mandiri yang belum terdaftar di JKN-KIS tidak perlu pergi ke kantor BPJS, cukup mengisi formulir pendaftarannya disini, pastikan KTPnya sudah sesuai dengan data di Disdukcapil dan sudah siap membayar iuran dengan mekanisme pembayaran autodebet di Bank yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

adapun persyaratannya adalah :

Nomor Kartu Keluarga
NIK
Nomor Handphone
Nomor rekening tabungan (BNI, BRI, Mandiri)
Alamat domisili (untuk pengiriman kartu)
Alamat email

Pengaduan Keluhan

Disini peserta bisa menyampaikan keluhannya dengan menghubungi 1500400 (telepon berbayar) terkait pelayanan BPJS Kesehatan, selain itu juga peserta dapat konsultasi dengan dokter umum tanpa batasan waktu. Konsultasi bisa dilakukan pada jam kerja yaitu senin-jumat mulai pukul 07:00-20:00 waktu setempat.

Pengaturan

Peserta bisa melakukan pengaturan akunnya disini, termasuk merubah password.
BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN APLIKASI MOBILE JKN-KIS ?

Aplikasi ini didesain dengan navigasi yang sangat mudah, tampilannya pun sangat sederhana dan tidak membingungkan. Temukan dan unduh aplikasi ini di Google Playstore, ketik Mobile JKN pada kolom pencarian lalu mulailah memasang pada perangkat.

Berikut ini logo aplikasi MOBILE JKN-KIS di Google PLaystore :


Gambar 1. Logo Aplikasi JKN-KIS

Setelah aplikasi terpasang, mulailah mengisi form registrasi, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan petunjuk di bawah ini :


Gambar 2. Panduan Memilih Navigasi Registrasi di Halaman Muka

Pilih Navigasi Pendaftaran Peserta Baru (nomor 1) apabila belum menjadi peserta BPJS Kesehatan (JKN-KIS), apabila sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan silahkan pilih Pendaftaran Pengguna Mobile (Nomor 2).


Gambar 3. Cara Mengisi Formulir Registrasi Pengguna Mobile

Isi kolom nomor 1-8 dengan data yang valid, untuk nomor 2 dan 3 wajib sesuai dengan KTP. Setelah lengkap silahkan tekan tombol Register (nomor 9).


Gambar 4. Notifikasi Registrasi Telah Berhasil



Jika pengisian pada Gambar 3. tidak ada yang salah maka tampilannya akan seperti pada gambar 4 ini. Silahkan tekan OKE lalu buka email yang didaftarkan tadi untuk mendapatkan kode verifikasinya.


Gambar 5. Cara Memasukan Kode Verifikasi Ke Aplikasi JKN-KIS



Masukan kode verifikasi yang didapat dari email ke kolom Kode Verifikasi [nomor 1], kemudian tekan tekan Verif (nomor 2). Apabila kode verifikasi tidak masuk ke email dalam waktu 5 menitan, maka silahkan kirim ulang dengan menekan tombol nomor 3.


Gambar 6. Notifikasi Verifikasi Telah Berhasil

Apabila tidak ada masalah maka akan ada notifikasi verifikasi telah berhasil, tekan OKE dan selanjutnya silahkan Login.


Gambar 7. Home Page Aplikasi JKN-KIS

Gambar 7. di atas adalah tampilan pada landing page aplikasi MOBILE JKN-KIS, silahkan pilih fitur yang dibutuhkan dengan mengklik navigasi yang telah disediakan.
KESIMPULAN

Menggunakan aplikasi MOBILE JKN-KIS dapat mempermudah pengurusan administrasi BPJS Kesehatan, karena bisa dilakukan tanpa harus pergi ke kantornya.

Pergantian Faskes hanya bisa dilakukan setelah 3 bulan, apabila belum 3 bulan maka sistem secara otomatis akan menolak.


Untuk perpindahan ke faskes baru karena alasan pindah domisili, silahkan datang langsung ke kantor BPJS terdekat apabila belum 3 bulan di faskes yang lama.

Apabila kebingungan mendaftar peserta baru, silahkan minta panduan operator di 1500400(pangilan berbayar)

Aplikasi MOBILE JKN-KIS bisa didapatkan secara gratis di Google Playstore, silahkan unduh dan install untuk mendapatkan manfaatnya.

Semua produk BPJS Kesehatan telah diganti mereknya menjadi Kartu Indonesia Sehat (KIS), jadi tidak ada lagi jamkesmas, jamkesda, KJP dan sejenisnya.

Pendaftaran calon Peseta Penerima Upah belum bisa didaftarkan melalui aplikasi JKN-KIS karena masih harus melalui perusahaan tempat peserta bekerja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel