-->

BEGINI CARA MENAMBAHKAN KARTU JHT DI APLIKASI BPJSTKU [TAMBAH KPJ]

BPJSTKU yang merupakan salah satu aplikasi besutan BPJS Ketenagakerjaan kini dapat memberikan informasi seputar layanan jaminan sosial tenaga kerja lokal maupun asing yang bekerja di Indonesia termasuk informasi saldo JHT (Jaminan Hari Tua) langsung melalui smartphone dengan cara menambahkan kartu JHT ke dalam aplikasi tersebut.

Untuk peserta yang memiliki kartu JHT aktif lebih dari satu maka bisa melihat informasi saldo dari masing-masing kartu. Manfaatkan fitur tambah kartu JHT dalam aplikasi BPJSTKU untuk mendapatkan informasi saldo JHT. Supaya dapat memperkuat wawasan sobat, penulis akan memaparkan cara menambahkan kartu JHT di aplikasi BPJSTKU.

Sepertinya fitur tambah kartu JHT dalam aplikasi ini hanya bisa diakses dalam keadaan tertentu yaitu bagi peserta yang memiliki kartu JHT aktif lebih dari satu saja sehingga apabila hanya memiliki satu kartu JHT maka tidak akan menemukan fitur tambah kartu ini.

Penulis pernah membandingkan dengan cara login menggunakan akun peserta yang memiliki dua kartu JHT aktif dan akun peserta yang hanya memiliki satu kartu JHT aktif, hasilnya pada akun peserta yang memiliki dua kartu JHT tersebut bisa menemukan fitur tambah kartu JHT sedangkan untuk akun peserta yang hanya memiliki satu kartu JHT aktif ternyata fitur tambah kartu tidak tersedia.

Saran penulis apabila sobat memiliki dua kartu JHT maka segera saja lakukan penggabungan saldo, hal ini bisa dilakukan sendiri dengan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan atau melapor ke perusahan tempat bekerja yang sekarang sedang dijalani (khusus bagi karyawan perusahaan/PBU).

Baca : Panduan Daftar BPJS Ketenagakerjaan Dengan Menggunakan Aplikasi BPJSTKU [Peserta Mandiri]

LANGKAH-LANGKAH MENAMBAHKAN KARTU JHT

Pastikan dua kartu JHT tersebut masih aktif dan pemiliknya sama, karena dalam satu account BPJSTKU hanya untuk satu peserta saja sehingga jika menambahkan kartu JHT orang lain maka akan ditolak oleh sistem tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan simak langkah-langkah berikut ini !
Close Ad

Pertama

Silahkan login aplikasi, pastikan sebelumnya sudah melakukan registrasi di aplikasi BPJSTKU karena kalau belum registrasi maka tidak akan bisa menjalankan metode ini.


Gambar 1. Landing page aplikasi BPJSTKU


Silahkan klik Lihat Kartu & Saldo JHT (2) untuk dapat menuju ke navigasi tambah KPJ dalam aplikasi ini.

Kedua

Selanjutnya akan muncul popup untuk memasukkan PIN aplikasi yang kalian miliki. Perhatikan gambar berikut !


Gambar 2. Popup permintaan PIN aplikasi


Pada halaman ini silahkan masukkan password aplikasi ke kolom nomor (2), pastikan password tersebut tidak salah. Jika password sudah benar maka selanjutnya tekan KIRIM(3).

Ketiga

Bagian ini sangat confidential jadi usahakan ketika membuka halaman ini tidak ada orang lain yang melihatnya kecuali jika diperbolehkan oleh sobat, karena disini terdapat beberapa data penting terkait mengenai upah peserta dan jumlah saldo JHT.


Gambar 3. Penampil data kartu JHT

Seperti yang terlihat pada gambar 3 ini ada beberapa informasi penting dan bersifat rahasia yaitu upah terakhir, iuran terakhir dan saldo terakhir jadi harap tidak terlalu membebaskan orang lain bisa melhat bagian ini.

Untuk menambahkan kartu JHT ke dalam aplikasi BPJSTKU ini silahkan perhatikan bagian yang ditandai dengan panah nomor (4) di pojok sebelah kanan atas layar. Di sana terlihat ada tanda plus (+), nah silahkan klik saja untuk memulai menambahkan kartu JHT, ingat nama peserta wajib sama dengan yang sudah ada di akun tersebut.

Keempat


Ini adalah popup untuk memasukkan nomor JHT, silahkan tambahkan kartu JHT kalian yang masih aktif pada kolom yang disediakan di halaman ini.


Gambar 4. Input nomor JHT

Masukkan nomor kartu JHT pada kolom nomor (5) dan selanjutnya tekan tombol SIMPAN(6) apabila nomor JHT yang dimasukkan sudah benar sesuai dengan yang tertera pada kartu tersebut.

Kelima

Ini adalah notifikasi yang ditampilkan oleh aplikasi apabila penambahan KPJ berhasil dilakukan.


Gambar 5. Notifikasi tambah KPJ telah sukses

Tekan OK untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Keenam

Apabila penambahan kartu JHT berhasil dilakukan maka data kartu tersebut akan ditampilkan pada halaman ini. Perlu diketahui kalau di bagian ini seluruh kartu JHT yang telah ditambahkan akan di tampilkan dalam hal ini kartu JHT dengan nama peserta yang sama.


Gambar 6. Data seluruh kartu JHT


Apabila kartu JHT yang dimasukkan ke dalam aplikasi lebih dari satu maka pada layar penampil kartu akan ada tanda slide, perhatikan bagian yang ada dalam kotak berwarna biru yang ditunjukkan oleh nomor (7). Usap layar ke arah kanan atau kiri untuk melihat kartu JHT secara bergantian.

Pada setiap kartu yang ditampilkan layar maka di bawahnya akan ada rincian saldo, iuran terakhir, upah terakhir, tempat bekerja. Apabila ada ketidak sesuaian data maka harap segera menghubungi pihak perusahaan tempat sobat bekerja atau langsung tanyakan ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Kesimpulan

Tidak semua peserta bisa menemukan fitur tambah kartu JHT dalam aplikasi BPJSTKU kecuali mereka yang memiliki kartu JHT aktif lebih dari satu.

Dengan menggunakan aplikasi BPJSTKU peserta dapat mengetahui saldo JHT mereka kapanpun dan dimanapun karena bisa dilakukan dalam satu genggaman tangan.

Setiap akun di aplikasi BPJSTKU hanya bisa digunakan oleh satu peserta, sehingga apabila akan menambahkan kartu JHT seperti pada tutorial ini maka identitas pemilik kartu tersebut wajib sama dengan kartu yang sudah ter-input sebelumnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel