-->

PENGATURAN NAVIGASI SITUS AGAR SESUAI KRITERIA GOOGLE ADSENSE [TEMPLATE EVOMAGZ]

Pengaturan Navigasi Situs Agar Sesuai Kriteria Google Adsense – Navigasi situs merupakan salah satu bagian yang wajib diperhatikan bagi calon publisher Google AdSense. Seringkali terjadi penolakan permohonan karena masalah navigasi yang tidak sesuai dengan keinginan Google AdSense. Singkatnya, navigasi situs harus dibuat sedekat mungkin dengan pengunjung agar mudah diakses oleh mreka.

Navigasi situs yang jelas bisa mempengaruhi trafik pengunjung sehingga pengaturannya harus optimal. Penulis pernah ditolak satu kali karena masalah navigasi situs yang tidak jelas, kemudian melakukan perbaikan dan akhirnya diterima. Untuk membuat navigasi situs itu ternyata tidak ribet dan tidak perlu script ini dan itu sehingga membuat kita kebingungan sendiri.

Gambar berikut ini adalah ilustrasi pengaturan navigasi situs yang penulis lakukan hingga bisa diterima Google AdSense :


Gambar 1 : Tata letak navigasi situs

Penulis membagi navigasi menjadi dua bagian yaitu main menu pada bilah atas (header) yang ditandai dengan panah A kemudian bilah samping kanan (sidebar) yang ditandai dengan panah B. Pada bagian main menu merupakan navigasi konten berdasarkan kategori dan beranda.

Pada dasarnya pengaturan navigasi situs pada template berplatform blogger caranya sama, penulis mengambil contoh pengaturan navigasi pada template evomagz yang memiliki fitur navigasi yang layak untuk diacungi jempol karena bisa lolos dari penolakan Google AdSense.
Close Ad

BACA : DETAIL TUTORIAL MEMBUAT BLOG SESUAI KRITERIA ADSENSE [VERSI GRATISAN]

Gambar berikut ini merupakan seluruh bagian navigasi pada template evomagz yang harus di edit setelah kita memasangnya, silahkan perhatikan :


Gambar 2 : Pengaturan main menu dan sidebar

Bagian main menu pada header ditandai dengan nomor 1 – 4, sedangkan untuk sidebar ditandai dengan nomor 5-8. Pada tutorial ini penulis akan fokus ke poin 1-7, karena merupakan bagian navigasi yang wajib dibenahi sehingga bisa sesuai dengan keinginan Google AdSense.

Untuk nomor 8 silahkan sobat kembangkan sendiri dan bisa juga dihapus karena fitur Aboutsudah disediakan di halaman khusus. Hapus widget pada nomor 14 dan ganti judul label default pada nomor 10-13 menjadi sesuai dengan keinginan dan atur setelah ada konten.

Saat landing di halaman situs biasanya konsentrasi pengunjung selanjutnya mengarah ke daerah main menu untuk memastikan adanya konten lain yang relevan. Oleh karena itu perlu dilakukan optimasi pada bagian ini dengan menambahkan seluruh informasi terkait konten yang ada dalam situs.

Supaya navigasi situs bisa berfungsi dengan baik maka silahkan labeli artikel berdasarkan kategori tertentu sesuai dengan topik yang dibahas. Biasanya pada tahapan ini sedikit mengalami kesulitan yaitu artikel muncul di dua kategori atau tidak muncul sama sekali ketika navigasi diklik.


Hal tersebut di atas disebabkan karena artikel memiliki lebih dari satu label atau pelabelannya salah, jadi gunakan satu tag label saja setiap artikelnya dan harus sama dengan yang ada pada main menu.

Silahkan perhatikan bagian header untuk melakukan pengaturan main menu, biasanya terdapat beberapa menu yaitu Menu 1, Menu 2 dan seterusnya. Sekarang mari kita ganti pengaturan default pada bagian main menu tersebut sesuai dengan keinginan kita.

Untuk memulai pengaturan main menu, berikut ini adalah langkahnya :

1. Masuk ke dasbor blogger sobat
2. Pilih Tema
3. Pilih Edit HTML

Untuk langkahnya perhatikan gambar berikut :


Gambar 3 : Langkah-1 Pengaturan main menu

Gambar 3 menunjukan langkah awal pengaturan main menu, silahkan klik nomor 2 untuk memulai pengaturan di dalam template. Perhatikan gambar selanjutnya.


Gambar 4 : Pengaturan script main menu

Ada tiga langkah yang harus dilakukan pada bagian ini yaitu mencari script main menudengan cara menekan tombol ctrl+f pada keyboard, kemudian memasukan salah satu inisial main menu pada kolom search yang ditandai dengan nomor 3, memasukan URL navigasi ke dalam script main menu dan mengganti semua inisial default-nya sesuai keinginan ditandai nomor 4 (kotak hijau) kemudian yang terakhir menekan tombol Simpan tema yang ditandai nomor 5.

Ganti seluruh tanda pagar (#) dalam kotak warna hijau yang ditandai dengan nomor 4 dengan URL navigasi dan jangan lupa ganti inisialnya berdasarkan URL tersebut. Berikut ini adalah contoh URL navigasi dan inisialnya yang dimasukan ke dalam script main menu :

Contoh salah satu URL navigasi pada main menu

http://tutorialterdepan.blogspot.com/search/label/Android

Keterangan

Jika labelnya Android maka inisial menunya juga harus Android supaya relevan, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini yang merupakan hasil akhir dari pengaturan main menu yang telah penulis lakukan :


Gambar 5 : Hasil akhir pengaturan main menu

Script yang ada dalam kotak warna hijau pada gambar di atas merupakan struktur main menu yang telah dirubah sesuai dengan keinginan. Setelah sobat mengatur semua script-nya maka jangan lupa klik Simpan tema kemudian baru logout. Untuk tampilannya bisa dilihat pada gambar berikut ini :


Gambar 6 : Tampilan main menu setelah diedit

Pada bagian header terlihat inisial main menu yang sudah sesuai dengan perencanaan. Silahkan pilih kaegori artikel dan labeli artikel tersebut berdasarkan salah satu inisial main menu . Sampai dengan langkah ini tahap pengaturan main menu telah selesai.
PENGATURAN SIDEBAR

Ketika diterima Google AdSense penulis hanya menggunakan beberapa navigasi saja pada bagian sidebar. Fitur yang penulis gunakan adalah Popular Posts ( Postingan terpopuler), Latest Posts( Postingan terbaru), Arsip dan Label.

Template Evomagz memiliki fitur slide yang sangat isimewa pada bilah kanan sidebarnya yang disusun dengan tiga buah tab horizontal sehingga bisa menghemat space pada bilah kanan home page.


Penulis memanfaatkan tiga fitur tab tersebut untuk menempatkan Popular posts, Arsip dan Label. Untuk Latest posts ditempatkan di bawah fitur tab mengikuti pengaturan default-nya sehingga tidak perlu mengatur ulang dan hanya tinggal menggeser widgetnya ke bilah kanan.
POPULAR POSTS

Widget ini menunjukan postingan terpopuler yang paling sering dikunjungi dalam waktu tertentu. Tampilkan 10 artikel yang sering menjadi pusat perhatian pengunjung supaya menarik perhatian pengunjung lainnya yang baru landing.

Berikut ini adalah cara pemasangan widget Popular Posts :

1. PIlih Tata Letak
2. Pilih Tambahkan Gadget
3. Pilih Entri Populer


Gambar 7 : Langkah 1 pengaturan widget popular posts

Setelah memilih langkah nomor 3 maka selanjutnya akan diarahkan ke pengaturan widget Popular Posts. Perhatikan gambar di bawah ini :


Gambar 8 : Langkah terakhir pangaturan widget popular posts

Silahkan ikuti langkah nomor 1-5 diakhiri dengan langkah nomor 6. Untuk interval waktunya (nomor 2) bisa diatur sesuai keinginan jika konten sudah banyak. Jika sobat mau hemat kapasitas pada homepage maka hilangkan tanda ceklist pada thumbnail gambar (nomor 3) sehingga tampilan popular posts-nya hanya berupa tulisan saja.
ARSIP

Bagian ini akan sangat berpengaruh terhadap penilaian kinerja kita selama ngeblog karena akan kelihatan frekuensi update yang kita lakukan setiap saatnya. Selain itu bisa memudahkan pengunjung melihat artikel yang terbaru dan seluruh konten yang ada dalam situs.

Berikut ini adalah cara pemasangan widget Arsip :


Gambar 9 : Langkah 1 Pemasangan widget arsip

Tambahkan Arsip ke dalam widget dengan langkah sesuai dengan gambar di atas. Setelah memilih fitur widget seperti yang ditunjukan oleh langkah nomor 2 maka akan diarahkan ke pengaturan widget Arsip. Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :


Gambar 10 : Langkah terakhir pengaturan widget Arsip

Perhatikan langkah nomor 1 – 5 dan terapkan pada pengaturan blog sobat. Untuk memudahkan melihat umur artikel maka lihat langkah nomor 3 yaitu dengan menampilkan konten dari yang paling lawas dulu. Setelah semuanya selesai maka dilanjut dengan klik Simpan.
LABEL

Widget ini berfungsi untuk menampilkan label dari konten yang sudah dibuat, cara kerjanya hampir sama dengan navigasi pada main menu. Hanya saja pada widget ini semua label bisa terlihat sehingga sangat memudahkan pengunjung untuk memilih konten yang ia gemari.

Berikut ini adalah cara pemasangan widget Label :


Gambar 11 : Langkah awal pengaturan widget label

Memasang widget ini lebih mudah, perhatikan gambar di atas dan ikuti langkahnya. Setelah memilih langkah kedua selanjutnya akan diarahkan ke setingan label. Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini :


Gambar 12 : Langkah terakhir Pengaturan widget label

Perhatikan pengaturan pada langkah nomor 1, pilih item list-nya sesuai gambar di atas. Setelah selesai maka maka lanjutkan dengan menekan tombol Simpan . Sampai dengan langkah ini sobat sudah mengoptimalkan navigasi pada sidebar, selanjut nya silahkan tekan tombol Simpan setelan di pojok kanan atas.
PENGATURAN TAMBAHAN

Kelebihan template ini adalah sangat responsive meskipun menggunakan versi desktop, jadi samakan saja tampilannya dan tidak perlu menggunakan tampilan versi seluler. Berikut ini adalah langkah pengaturannya :

1. Pilih Tema
2. Pilih tombol pengaturan (gerigi) di bawah opsi seluler


Gambar 13 : Langkah 1 Mengaktifkan tampilan versi desktop pada seluler

Silahkan tekan tombol gerigi yang ditandai dengan nomor 1 untuk menuju ke pengaturan tampilan seluler, maka selanjutnya akan di arahkan pada halaman berikut ini :




Gambar 14 : Langkah terakhir menampilkan versi desktop pada seluler



Pilih opsi menampilkan versi desktop di perangkat seluler seperti yang ditandai dengan panah nomor 2. Setelah itu klik tombol Simpan seperti yang ditandai dengan nomor 3.
KESIMPULAN

Pengaturan navigasi ini sangat simpel dan merupakan pengalaman penulis sewaktu diterima Google AdSense.

Sudah terbukti hanya memasang empat widget saja yaitu Popular Posts, Latest Posts, Arsipdan Labels bisa diterima Google AdSense.

Hapus widget yang tidak diperlukan supaya blog tidak terlalu lemot loading-nya, selain itu blog menjadi terkesan berlebihan jika terlalu banyak widget yang tidak penting.

BACA : CARA MEMPERCEPAT LOADING BLOG

Template evomagz sudah banyak melahirkan publisher baru dan pengaturannya tidak terlalu rumit untuk level pemula.

Fitur saluran media sosial boleh ditambahkan setelah menjadi publisher Google AdSense untuk meningkatkan trafik situs.

Usahakan untuk tidak membuat sub menu dalam sub menu supaya tidak mempersulit pengunjung ketika sedang surfing di situs.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel